KADO yang TELAT

Setiap orang memiliki hari kelahiran. Tidak hanya kelahiran manusia yang dirayakan, merayakan hari lahirnya suatu institusi, organisasi maupun negara menjadi tradisi yang terus diulang setiap tahunnya.

Pendeknya, memperingati hari saat dimulainya kehidupan seseorang di dunia merupakan hal yang jamak, bukan hanya  saat ini tapi sejak dahulu kala. Sejak kapan? Yang pasti hal ini tentu terkait dengan masa dimana manusia mulai bisa memberikan tanda pada hari-hari dalam kehidupannya, dan menjalani kehidupan dalam siklus waktu yang tetap berdasarkan kalender atau apapun itu yang menjadi penandanya. Bayangkan saja, bagaimana mungkin mengucapkan selamat ulang tahun pada seseorang yang usianya seumur dengan pohon mangga di samping rumah? Ini seperti cerita orang-orang tua dulu yang kelahirannya ditandai dengan penanaman pohon mangga.

Image

Itu pun terkait dengan sistem penanggalan yang digunakan. Misalkan problem  tahun kabisat pada penanggalan Masehi  membuat  orang yang lahir 29 februari hanya bisa merayakan ulang tahunnya setiap 4 tahun sekali. Sehingga mau tidak mau harus memajukan atau memundurkan ulang tahun-nya  agar bisa merayakannya setiap tahun. Atau hari ulang tahun yang dirayakan tiap enam bulan sekali berdasarkan tahun Wuku dalam sistem penanggalan masyarakat Bali.

Tidak hanya metrik untuk penanda kelahiran yang beragam, bagaimana perayaan dan pemaknaan perayaan hari kelahiran dalam sistem kultural masyarakat juga beragam. Anak Yahudi, misalnya, akan mengenang hari ulang tahunnya yang  ke-12 ataupun ke-13 (bat mitzvah) sebagai titik transisi kedewasaannya dalam perspektif religius, sementara di Filipina ada tradisi debut untuk perayaan ulang tahun ke-18 seorang anak perempuan dan ke-21 bagi anak laki-laki.

Kue ulang tahun, lilin, hadiah dan nyanyian dan ucapan selamat “ ulang tahun” merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam perayaan ulang tahun seseorang.  Tradisi saling memberi dan menerima hadiah ini mungkin terlihat agak konyol. Seseorang yang berulang tahun diberi hadiah oleh temannya dan kemudian akan balik memberikan hadiah juga pada saat temannya berulang tahun. Proses ini terus berulang sampai salah dari keduanya meninggal lebih dahulu sementara yang lain mendapatkan akumulasi hadiah yang lebih banyak :D (kata Sheldon Cooper di serial the Big Bang Theory ).

Image

Namun inilah sistem sosial dimana kita hidup. Melalui prosesi saling memberi, mengucapkan salam dan selamat ulang tahun individu membangun dan mempererat relasi sosialnya. Menariknya, semua prosesi sosial ini dewasa ini makin dipermudah oleh teknologi yang “semakin mengerti” kebutuhan sosial  manusia. Facebook, Twitter dan ragam media sosial menjadi wahana yang menciptakan dunia sosial baru.  Facebook secara otomatis memberitahukan siapa saja dalam lingkar sosial kita yang berulang tahun saat ini. Ucapan “selamat ulang tahun” dapat disampaikan dengan cara yang unik dan menarik melalui ragam aplikasi yang tersedia

Gambar di atas adalah cloud words dari sekitar 8916 twit  “ulang tahun”  yang beredar di twitter pada tanggal 3 Desember, dari pukul 12.00 – 23.15. Dari ribuan akun twitter yang terlibat terdapat sekitar 1473 account yang menerima ucapan selamat ulang tahun. Rupanya lumayan banyak juga penghuni twitland yang lahir pada tanggal 3 Desember. Diantaranya terdapat account selebiritis seperti @dude2herino, @britneyspears maupun @Inbox SCTV.

Namun jumlah ini relatif kecil dibandingkan estimasi sekitar 750 ribu orang Amerika merayakan ulang tahun setiap harinya.  Sementara tanggal 5 oktober resmi ditasbihkan sebagai America’s Most Common Birthday karena lebih dari 960 ribu orang merayakan ulang tahunnya pada hari itu [1].

Image

Di dunia nyata, ada ulang tahun yang beramai-ramai dirayakan dan ada pula yang merayakannya secara khusuk dalam sepi bersama segilintir kawan. Demikian pula di dunia sosial twitland. Para selebritis twitter yang berulang tahun pada hari itu ramai mendapatkan ucapan selamat dari kawan maupun pengikutnya. Hal ini wajar karena jumlah follower-nya yang banyak. Sementara banyak lainnya hanya mendapatkan sedikit ucapan selamat karena follower-nya yang sedikit dan  ulang tahunnya hanya diketahui oleh segelintir teman-temannya.

Image

Tapi kenapa sih tulisan ini sampai membahas soal ulang tahun? Pangkal soalnya adalah karena pada tanggal 3 Desember tersebut kawan saya @rolan_md  merayakan hari kelahirannya yang ke-30. Sebagai kawan, dan sesuai tradisi yang ada, saya tentu harus  memberikan kado untuk dia. Tulisan ini merupakan  hadiah ulang tahun dari saya untuk @rolan_md.

Tentu saja tidak lengkap kalau tulisan ini tidak membahas tentang profil  @rolan_md. Dia adalah seorang peneliti di Bandung Fe Institute, sebuah lembaga riset sosial yang menggunakan pendekatan sains kompleksitas untuk mendekati dan memecahkan persoalan-persoalan yang ada dalam sistem sosial. Di lembaga ini, tepatnya di departemen ekonomi evolusioner Bandung Fe Institute, @rolan_md mendalami kajian perilaku agen dalam sistem  ekonomi.

 Gambar sebelumnya sekilas menunjukan profil akun twitternya. Jika pengaruh seseorang di dunia twitland dapat direpresentasikan dengan perbandingan jumlah follower dan following, maka akun @rolan_md mempunyai  pengaruh  itu.

Nah, dengan siapakah akun @rolan_md sering bercengkerama di twitland? Gambar di bawah menunjukan siapa mereka.

Image

Demikianlah tulisan ini saya akhiri, Happy birthday @rolan_md, wish you health and happiness. Saya mengharapkan kado dari anda di hari ulang tahun saya nanti😀.

@ardianeff

peneliti, departemen komputasional sosiologi Bandung Fe Institute

 1.      1 . http://abcnews.go.com/blogs/technology/2011/10/oct-5-americas-most-common-birthday/

2.

  1. It’s very simple to find out any matter on web as compared to books, as I found this piece of writing at this web page.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: