Wawasan Indonesia 2014


Beberapa tahun silam, Bandung Fe Institute merilis buku berjudul “Solusi untuk Indonesia“, sebuah buku yang ingin menampilkan potret hasil studi kompleksitas sosial yang dikerjakan oleh peneliti-penelitinya semenjak didirikan beberapa tahun sebelumnya. Seiring dengan bertambahnya waktu, topik studi-studi yang diemban oleh institut bertambah terus, dan implementasi dituntut. Masyarakat sendiri berkembang terus. Era reformasi adalah era dimana keterbukaan informasi menyambut dan dinamika opini berjalan menjadi sangat cepat. Kesadaran bahwa sistem sosial sebagai sistem kompleks yang perlu disikapi dalam kacamata kompleksitas pun meningkat. Begitu banyak paradoks, kontradiksi, ketaklengkapan, dan kebingungan ketika berbagai solusi dari ilmu-ilmu abad pencerahan Barat berusaha dijadikan landasan kebijakan dan kacamata memandang Indonesia.

Tahun lalu, BFI menerbitkan secara online (dan cetak terbatas) sebuah upaya untuk meng-update data-data yang pernah diketengahkan dalam buku “Solusi untuk Indonesia” tersebut. Isinya adalah (lagi-lagi) upaya mengajak sejenak mengganti kacamata dalam memandang data dan keadaan melalui studi dan kajian kompleksitas sosial. Dinamakan Wawasan Indonesia 2013, yang berperan sebagai Indonesian Outlook untuk menyikapi kompleksitas sosial di tahun 2013.

Hari ini, seperti tahun lalu, kita mengetengahkan lagi Indonesian Outlook untuk tahun yang akan datang ini, dengan judul Wawasan Indonesia 2014. Semangat dan visinya masih sama, namun dengan fokus kajian yang sedikit banyak berbeda. Konteks Indonesia tahun 2014 adalah pemilihan umum legislatif dan eksektutif. Ini mendominasi kajian dan perspektif berdasarkan data yang ditampilkan di dalamnya. Perlengkapan metodologis dari apa yang ditampilkan pun tentu bertambah, karena penelitian dan studi selama setahun (2013) tentu menambah banyak khazanah penelitian.

Lantas bagaimanakah kita memandang ke-Indonesia-an kita menjelang pergantian kalender masehi ini? Semoga lembar-lembar slide di bawah ini dapat menjadi pegangan yang berarti bagi kita menyambut tahun baru dengan kegirangan bahwa optimisme ada di depan kita, sebagaimana keriangan yang menyertai proses penelitian dan studi yang melatarbelakanginya…

Sebagaimana tahun yang silam, hardcopylembar-lembaran outlook ini terbit sebagai kalender sains kompleksitas. Di samping infografi, kalender tersebut juga menampilkan tanggal-tanggal penting dan bersejarah terkait perkembangan sains kompleksitas. Anda diperkenankan untuk men-download di sini dan bisa mencetaknya sendiri untuk keperluan non-komersial, atau dapat pula memesan very-limited cetak ekslusif Kalender Kompleksitas 2014 ke http://www.xityzone.com/ jika ingin memperolehnya langsung, tentunya dengan mengganti sejumlah uang pengganti cetak.

Demikianlah Wawasan Indonesia 2014 ini dibuat bukan untuk lama dibaca, namun untuk lama menemani kita dalam mengarungi ketakpastian dan kompleksitas kenyataan kita sehari-hari.

Selamat Tahun Baru 2014!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: